Selasa, 22 November 2011


PROFIL KESEHATAN KABUPATEN NGADA

Jumat, 18 November 2011

REFORMASI PUSKESMAS : SEBUAH PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BERORIENTASI PADA PASIEN

Puskesmas yang berorientasi kepada pengguna layanan merupakan kunci perbaikan layanan yang berorientasi pada kualitas. Sejak November 2011 Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada, bekerjasama dengan AIP-MNH NTT (Australia Indonesia Partnership for Maternal and Neonatal Health), melakukan suatu gerakan perubahan yang disebut Reformasi Puskesmas. Langkah awal yang berani di lakukan di 3 Puskesmas di Kabupaten Ngada yaitu Puskesmas Riung, Puskesmas Aimere dan Puskesmas Waepana, adalah mereka melakukan kegiatan identifikasi keluhan masyarakat terhadap pelayanan yang mereka berikan. Selanjutnya dari semua keluhan yang berhasil diidentifikasi, masing-masing puskesmas menyusun Kuesioner Pengaduan Masyarakat untuk dilakukan Survey Keluhan/Pengaduan kepada responden di wilayah kerja mereka. dari hasil survey para petugas puskesmas yang tergabung dalam Tim Reformasi merekapitulasi hasil survey, kemudian menganalisis penyebab internal maupun eksternal dari setiap Keluhan masyarakat di wilayah kerja mereka. dari hasil analisis maka munculah Janji perbaikan Layanan dan Rekomendasi Perbaikan layanan. janji perbaikan adalah Janji petugas di Puskesmas untuk memperbaiki kualitas pelayanan yang mereka berikan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh warga/masyarakat setempat. sedangkan Rekomendasi perbaikan ditujukan ke StakeHolder di tingkat Kecamatan dan Kabupaten untuk perbaikan sarana, prasarana dan penambahan tenaga kesehatan. Untuk lebih mendukung Janji dan Rekomendasi yang telah disusun, Puskesmas bersama, Camat dan Tokoh Masyarakat setempat, membentuk BPP (Badan Penyantun Puskesmas) BPP dibentuk untuk mendukung Puskesmas dalam usaha memenuhi Janji mereka untuk memperbaiki Kualitas Pelayanan Kesehatan. Setelah setahun 3 Puskesmas ini bekerja keras memperbaiki kualitas pelayanan, pada hari kesehatan nasional tanggal 12 November 2011, mereka bersama BPP meminta dukungan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati dan DPRD Ngada untuk Berkomitmen mendukung Perbaikan KUalitas Layanan. Tanggapan yang sangat positif dari Pemerintah Daerah menambah semangat BPP dan Puskesmas untuk lebih meningkatkan kualitas layanan. Diharapkna Reformasi Pelayanan Publik ini jangan hanya dilakukan di 3 Puskesmas ini,tapi kepada semua pelayanan publik di kepemerintahan (kata Bupati Ngada pada HKN ke-47, 12 November 2011 di Riung). Mari kita semua melakukan Perubahan mulai dari diri sendiri. (ning)